Profil Calon Ketua

Eniya L. Dewi

Eniya Listiani Dewi (Pusat Teknologi Material – BPPT)
No. Anggota: 1355730853

Kepengurusan
Ketua II HPI 2011 – 2014
Divisi Fuel Cell HPI 2008 – 2011
Bid. Riset HPI 2005 – 2008
Bid. Forum Komunikasi Polimer HPI 2003 – 2005

Kegiatan organisasi di HPI
Ketua IPST2013
Koordinator Awards IPST2011
Editor Majalah Polimer Indonesia 2011-2013

 

Setelah menyelesaikan studi S1, S2 dan S3-nya dari Weseda University, Jepang tahun 2003, Eniya L. Dewi langsung kembali aktif di BPPT dengan mengembangkan penelitian polimer fuel cell-nya. Sejak itu pula Eniya L. Dewi sudah terlibat langsung di kepengurusan HPI dalam forum bidang riset dan komunikasi polimer.
Dengan penelitiannya yang cukup kuat dan intensif dalam bidang polimer fuel cell ini Eniya L. Dewi telah mengikuti beberapa conference/seminar polimer internasional, seperti PPC (Pasific Polymer Conference) yang diselenggarakan oleh asosiasi polimer di Asia/Asia-Pasifik atau American Chemical Society. Eniya L. Dewi telah ditunjuk menjadi Ketua II HPI setelah Kongres HPI 2011 di Bali yang membawahi Bidang Pelatihan dan Konsultasi, Kepakaran dan Pendidikan serta Kerjasama Litbang.
Dengan mempertimbangkan kapasitas serta jejaring yang kuat dimilikinya seperti dengan organisasi polimer di Jepang maupun regional seperti FAPS (Federation of Asian Polymer Societies), Eniya L. Dewi ditunjuk menjadi ketua penyelenggara IPST2013 sekaligus the 4th International Conference on Fuel Cell and Hydrogen Technology (ICFCHT) 2013 yang merupakan kegiatan dari institusinya, BPPT. Kegiatan IPST2013 dan ICFCHT2013 ini dihadiri oleh sekitar 400 peserta (150 dari luar negeri) merupakan kegiatan seminar/konferensi terbesar yang pernah diselenggarakan oleh HPI.
Keaktifannya di beberapa kegiatan asosiasi polimer di regional maupun internasional telah memberikan kontribusi yang nyata bahwa HPI merupakan bagian dari asosiasi polimer yang ada di regional maupun internasional. Eniya L. Dewi ditunjuk oleh ketua HPI sebagai perwakilan anggota HPI untuk mengikuti PPC 2014 di Taiwan. Hal ini telah menjadi dasar pertimbangan pengusulan anggota HPI dalam mencalonkan Eniya L. Dewi sebagai salah satu kandidat kuat Ketua HPI 2014-2017.

Visi dan Misi
Visi: HPI berkiprah aktif secara Nasional dan Internasional
Misi: HPI diperlukan untuk menempatkan industri dekat dengan peneliti dan perekayasa teknologi polimer khususnya. HPI student chapter perlu dikembangkan untuk mewadahi organisasi ini dalam pengembangan SDM dengan menitik beratkan penguatan secara nasional. Jejaring HPI dengan internasional perlu dikuatkan dengan melibatkan organisasi internasional ke dalam kegiatan HPI.

 

Asep Riswoko

Asep Riswoko (Sentra Teknologi Polimer – BPPT)
No. Anggota: 1357085288

Kepengurusan
Bidang Pelatihan dan Konsultasi HPI 2011 – 2014

Kegiatan organisasi di HPI
Editor Majalah Polimer Indonesia 2011-2013

 

Asep Riswoko menyelesaikan studi S1, S2 dan S3 di Saitama University, Jepang tahun 2001. Sebelum kembali ke Indonesia, selain aktif melanjutkan penelitian di bidang Liquid Crystal, juga mendapat kesempatan bekerja di Universitas yang sama sebagai Associate Professor selama 2 tahun. Pulang ke Indonesia tahun 2003, dan kembali aktif di BPPT bidang rekayasa polimer.
Selama bekerja di BPPT, Asep Riswoko aktif membangun komunitas penelitian di bidang material science berbasis chirality dan liquid crystal, serta menjadi bagian dari masyarakat nanoteknologi dibidang rekayasa struktur. Selain mengerjakan penelitian, beberapa aktivitas sosial dilakukan dengan terlibat langsung dalam pembedayaan ekonomi masyarakat korban bencana dengan membangun desa nelayan memanfaatkan teknologi komposit baik untuk perumahan, kapal nelayan, dan cold storage.
Melalui interaksi langsung yang terjalin dengan masyarakat industri, Asep Riswoko mendapat pengalaman dan pemahaman mengenai arti pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat. Pemahaman ini dibawa dan dipakai Asep Riswoko dalam mengelola Balai Sentra Teknologi Polimer dan menjadikannya sebagai balai yang dekat dengan masyarakat khususnya dunia industri.

Visi dan Misi
HPI adalah wadah komunitas keilmuan yang sarat dengan potensi besar yang dibutuhkan masyarakat khususnya dunia industri. Dengan visi membangun sinergi antara masyarakat keilmuan dan industri, maka akan terwujud kekuatan komponen bangsa yang saling menguatkan.
Oleh karena itu, HPI perlu membawa misi pemanfaatan potensi keilmuan sebesar-besarnya bagi kemajuan dan peningkatan daya saing industri, sehingga HPI betul-betul menjadi bagian dalam pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.
Strategi yang dibutuhkan adalah membangun sebanyak-banyaknya komunikasi ilmiah antara pakar kelimuan dengan dunia industri sehingga terwujud kesamaan persepsi dan langkah menuju Indonesia yang siap menghadapi tantangan global.

 

Agus Haryono

Agus Haryono (Pusat Penelitian Kimia LIPI)
No. Anggota: 1110343907

Kepengurusan
Bidang Kerja sama R & D HPI 2011 – 2014
Ketua I HPI 2008 – 2011
Bidang Akademis dan Inovasi HPI 2005 – 2008
Divisi Riset dan Teknologi HPI 2002 – 2005

Kegiatan organisasi di HPI
Ketua Panitia Kongres HPI 2014
Panitia Publikasi IPST 2013
Koordinator Acara IPST 2011
Ketua Panitia Simposium Nasional Polimer VI di Serpong 2006

 

Agus Haryono belajar ilmu polimer sejak S1, S2 dan S3 di Waseda University, Jepang (1990-1999). Spesialisasi ilmu polimer yang dipelajari meliputi engineering plastics, sintesis polimer dan degradasi polimer. Sekembali ke Indonesia, Agus Haryono bergabung dengan HPI melalui kegiatan simposium nasional dan kepengurusan HPI Pusat.
Agus Haryono juga memimpin Polymer Chemistry Group di Pusat Penelitian Kimia LIPI sejak kedatangannya di Indonesia. Kepemimpinannya yang handal, menjadikan kelompok penelitian ini semakin berkembang dari tahun ke tahun. Selain itu, Agus Haryono juga berpengalaman di bidang kerjasama riset, karena menjabat sebagai Kepala Sub Bidang Pengembangan Kerjasama dan Jasa sejak tahun 2008. Sejak itu karirnya berkembang hingga ditunjuk menjadi Kepala Bidang Jasa Iptek sejak tahun 2010 dan sekarang menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI.

Kedekatan Agus Haryono dengan beberapa mitra industri, kalangan akademis dan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait, menjadi modal penting bagi kemajuan HPI di masa mendatang. Di samping itu jejaring internasional yang dimilikinya juga mendukung langkah memajukan komunitas polimer Indonesia di kancah internasional.


Visi dan Misi
Visi: menjadikan HPI yang membumi dan mendunia
Misi:
1. Menjadikan HPI sebagai organisasi yang dekat dengan kebutuhan industri, akademisi dan pemerintah
2. Menjadikan HPI sebagai organisasi yang bermartabat di dunia internasional

 

Edy Giri R. Putra

Edy Giri R. Putra (Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju - BATAN)
No. Anggota: 1161241351

Kepengurusan
Ketua I HPI 2011 – 2014

Kegiatan organisasi di HPI
Wakil Ketua IPST2013
Koordinator Seminar Teknologi III HPI 2012
Koordinator Publikasi IPST2011
Editor Majalah Polimer Indonesia 2011-2013

 

Edy Giri R. Putra pertama kali mengikuti kegiatan HPI saat menghadiri Simposium Nasional Polimer dan Kongres HPI tahun 1995 di Jakarta sekaligus terdaftar sebagai anggota HPI Cabang Jakarta dengan No. Anggota JK/22/96. Sepuluh tahun kemudian, Edy Giri R. Putra baru mengikuti kembali kegiatan HPI pada saat Simposium Nasional Polimer V dan Kongres HPI di Puslit Fisika-LIPI Bandung. Pada kesempatan tersebut, Edy Giri R. Putra mendapatkan “HPI the Best Award Presentation”. Praktis, selama 5 tahun kemudian Edy Giri R. Putra tidak mengikuti kegiatan yang diselenggarakan HPI lagi, baik seminar, konferensi maupun Kongres.

Keterlibatannya Edy Giri R. Putra secara langsung dalam organisasi HPI baru dimulai lagi saat menjadi koordinator publikasi di IPST2011 dengan menerbitkan publikasi internasional HPI untuk pertama kalinya di Procedia Chemistry (Elsevier). Setelah Kongres HPI 2011 di Bali, Edy Giri R. Putra yang baru terlibat dalam HPI terpilih menduduki jabatan menjadi Ketua I yang membawahi Bidang Seminar, Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia, dan Publikasi.

Selama kurun waktu tiga tahun ini, Edy Giri R. Putra turut merancang dan menyelenggarakan beberapa kegiatan HPI seperti Seminar Teknologi I, II dan III tahun 2012, Seminar Nasional 2013, Workshop, IPST2013, serta publikasi dalam bentuk journal internasional (Elsevier), Prosiding Internasional (IPST2011), maupun Majalah Polimer Indonesia hingga penerbitan tahun 2014. Di samping penyelenggaraan kegiatan ilmiah, pemutakhiran data anggota, pembuatan kartu anggota, serta penjaringan anggota baru HPI juga dilakukan selama kurun 3 tahun ini, yang merupakan kegiatan di bawah tanggungjawab Ketua I.

Berdasarkan pengalaman yang cukup menonjol dalam kurun waktu 3 tahun ini, maka Edy Giri R. Putra telah dipilih dan diajukan menjadi salah satu kandidat Ketua HPI periode 2014-2017 oleh banyak anggota HPI.

 

Visi dan Misi
HPI menjadi organisasi profesi yang lebih profesional, mandiri secara financial serta dinamis dengan melakukan regenerasi SDM, memperluas jaringan serta kerjasama dengan organisasi lainnya ditingkat nasional, regional maupun internasional.

Pendukung

LIPI   BATAN   ITB

BPPT  Kemenperin   

Sponsor

chandra asri

Ditek Jaya

Please install and enabled plugin Vinaora Visitors Counter firstly
JoomShaper